Thursday, December 16, 2010

Kantin Kejujuran di Smala


Smala punya kantin kejujuran.

Ya, mungkin kantin ini berada di Smala udah beberapa tahun yang lalu. Namun sayangnya tidak terekspos. Kira kira sudah 2 tahun yang lalu kantin kejujuran di Smala disahkan oleh Kejati Jatim.

Tempatnya di sebelah kantin di Utama. Kantin tersebut tidak pernah dijaga.Kantin ini bertujuan untuk melatih kejujuran di tingkat SMA.

Tepat pada 1 tahun yang lalu kantin kejujuran diberi penghargaan oleh Kejati Jatim sebagai kantin kejujuran terbaik di Jawa Timur. Hal ini tidak lepas dari semakin banyaknya pendapatan dari kantin kejujuran tersebut.

Berikut Testimoninya:

*
Siti Nurchayati:
Sebetulnya, sampai September keuntungan kantin tersebut mencapai Rp 700 ribu. Namun, bulan berikutnya, jumlahnya menurun dan mentok di Rp 500 ribu sampai Desember. "Setelah hari raya terjadi penurunan. Tapi, substansinya kan kami tetap untung," kata Siti Nurchayati, pengelola kantin.
*
Maskinah Mansur:
Penghargaan tersebut merupakan prestasi tersendiri di sekolah itu. "Kami tidak menyangka dapat penghargaan ini," ujar Maskinah Mansur, juga pengelola kantin. Guru bahasa Indonesia tersebut mengatakan, pihak sekolah sempat heran, kapan pihak kejaksaan menilai kantin mereka. "Kata mereka sih ada intelnya," ungkap Maskinah seraya tersenyum.
*
Kasipenkum (Kepala Seksi Penerangan dan Hukum) Kejati Jatim Mulyono:
Kartu pembayaran itu, menurut Kasipenkum (Kepala Seksi Penerangan dan Hukum) Kejati Jatim Mulyono yang dihubungi terpisah, tidak menjadi tolok ukur utama pemberian penghargaan tersebut. ''Itu hanya teknis yang mungkin di tiap-tiap sekolah berbeda,'' katanya.
*
Mulyono:
Parameter penilaiannya adalah optimalisasi fungsi kantin. "Ada kantin kejujuran yang menjual buku tulis. Yang seperti itu berarti fungsinya kurang maksimal," tegas Mulyono.
*
Mulyono:
Mulyono menambahkan, penghargaan yang baru kali pertama dikeluarkan kejati itu bertujuan untuk memotivasi sekolah-sekolah agar makin menjalankan fungsi kantin tersebut. Selain sebagai tempat bertransaksi, sebenarnya kantin itu adalah salah satu alat penanaman nilai-nilai moral.
*
Mulyono:
Jika dibuat ranking, di antara tiga sekolah penerima penghargaan tersebut, SMAN 5 menempati peringkat kedua. Peringkat pertama diraih SMPN 2 Dlanggu Mojokerto. Salah satu yang menarik dari kantin kejujuran di Dlanggu itu adalah makanan yang dijual. ''Mereka menjual makanan tradisional berbungkus daun pisang, seperti lemper, nogosari, dan lemet. Pasti tanpa bahan pengawet dan sehari habis,'' kata Mulyono.
*
Rizky Merdietio:
Salah satu kelebihan kantin kejujuran adalah pembeli tak perlu menunggu dilayani. "Lebih cepat prosesnya karena tak perlu antre," ujar Rizky Merdietio, siswa kelas 12 SMAN 5. Harga di kantin tersebut juga sering kali genap dan terjangkau.

Sumber testimoni:gresnews.com

4 comments:

  1. saya juga pernah liat di televisi ada sebuah kantin kejujuran, tapi waktu itu di sekolahan SD.
    wah.. kalo semuanya jujur bagus banget ya?
    terkadang yang seperti itu orang malah tidak berani bohong, takut diawasi diam-diam hehe..
    Bali Villas Bali Villa

    ReplyDelete
  2. Semoga kantin kejujuranya tambah maju dan siswa yang belanja bertambah jujur, salam persahabatan.

    ReplyDelete
  3. dari 700 ribu menurun ke 500 ribu berarti masih ada yg ga jujur :D

    *tetap semangat

    ReplyDelete
  4. @semuanya. semua pasti butuh waktu untuk belajar. semoga menginspirasi....

    ReplyDelete