Saturday, November 26, 2011

Konservasi Air, Bukan Hanya Mimpi

Halo readers, pernahkah kamu melihat fenomena ini?


Mungkin hal ini juga sedang terjadi di daerah kamu. Gambar tersebut adalah gambar pencemaran air yang sudah semakin parah terjadi di Indonesia. Tidak hanya itu, pencemaran tersebut semakin banyak dan lebih sering kita temui di Indonesia. 

Coba deh readers, kita lihat sungai di sekitar kita. Mungkin yang namanya sungai jernih udah gak ada lagi. Apalagi sungai di perkotaan. Jangan pernah berharap bahwa air yang kita temui akan bersih dan baik. Lebih banyak sungai berisi sampah dan jarang kita lihat ikan yang berenang.
Hal ini sangat bertolak belakang kondisinya dengan beberapa tahun lalu. Jika kita coba flashback beberapa tahun yang lalu, sekitar tahun 1963 sampai 1965. Sungai di daerah saya. (Kebetulan daerah kenjeran, Surabaya). Airnya masih bersih dan jernih. Dasar sungai masih terlihat. Lalu bagaimana dengan sekarang?


Ada pertanyaan di dalam benak saya. Apakah hal ini akan terus terjadi. Apa yang akan kita minum ketika air bersih sudah tak ada lagi?  Jangankan untuk mandi. Untuk minumpun sangat sulit. Lalu anak cucu kita bertanya kepada kita.
"Apa yang sedang terjadi kek?"
Lalu kita hanya bisa terdiam dan meminta maaf kepada cucu kita. Dan seraya berkata
"Itu salah kami cu... kami yang tidak menjaga air ini agar tetap bersih"
Sungguh sesuatu hal yang sangat berat readers. Namun, jangan khawatir sob! kita masih bisa berbuat banyak untuk melakukan konservasi.

Konservasi, apa itu konservasi? Konservasi adalah nama lain dari pelestarian atau pemeliharaan. Dengan kata lain, kita bisa melakukan konservasi terhadap sumber daya air yang sudah semakin memprihatinkan.

Apa langkah nyata yang harus kita lakukan?

1. Jangan buang sampah di sembarang tempat.
Apalagi di sungai. Jika kita membuang sampah di sungai, otomatis kita juga mencemari sungai. Lalu ekosistem didalamnya mati dan airnyapun tidak bisa digunakan untuk minum. Usahakan untuk membuang sampah di tempat yang benar.


2. Hemat penggunaan air
Yang ini juga penting sob. Karena ketika kita menghemat air, maka kita akan mengurangi kemungkinan akan kekurangannya ketersediaan air di daerah terpencil.

3. Lakukan pengolahan limbah.
Mungkin kalo yang satu ini kita gak bisa langsung action sob. Perlu adanya respon dari pemerintah. Mungkin yang bisa mengirimkan saran kepada pemerintah yang berkuasa.


Nah mungkin itu sob yang mungkin bisa kita lakukan agar sumber daya air kita masih bisa bertahan sampai sekarang. Kalo gak sekarang, kapan lagi? apakah kita menunggu sampai kita terlambat dan sampai akhirnya kita menyesal akan semua yang kita lakukan.

Saatnya Action! Conserve it! and make it happen!

Kira kira apa langkah mu? share yuk!

No comments:

Post a Comment